Cara Terbaik Menyimpan Makanan dalam Kulkas

Cara Terbaik Menyimpan Makanan dalam Kulkas

Terkadang, makanan yang kita simpan di dalam kulkas tetap saja cepat basi. Jika ini kerap terjadi, biasanya ada yang salah dengan cara kita mengatur suhu lemari es.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, suhu kulkas harus berada atau di bawah empat derajat celsius, dan suhu freezer harus berkisar - 18 derajat celcius.

Beberapa kulkas dilengkapi dengan termometer. Namun, kita juga bisa membelinya di sebagian besar toko peralatan dapur.

Mengatur suhu kulkas dalam suhu optimal adalah kunci untuk memastikan produk dan sisa makanan bertahan selama mungkin.

Ini juga merupakan salah satu cara termudah untuk mencegah penyakit bawaan makanan dari produk susu, telur dan lainnya yang kedaluwarsa atau tengik.

Menyimpan bahan makanan di dalam freezer juga bisa menjaga keawetannya.

Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS mengatakan, cara tersebut tetap mempengaruhi kelembutan, rasa, aroma dan warna makanan.

Jika kita khawatir sisa makana kita cepat membusuk, sebaiknya kita segera mengolahnya menjadi berbagai menu lezat.

Editor bidang kuliner untuk laman Reader's Diggest, Peggy Woodward, menyarankan kita untuk menambahkan daging sisa ke dalam sup atau dikombinasikan dengan telur.

Jika kita memiliki sisa sayuran, kita bisa mengolahnya sebagai topping untuk omelet menu makan malam kita. Sisa buah-buahan dalam kulkas juga bisa kita olah menjadi salad.

Cara terbaik menyimpan makanan dalam kulkas

Memantau termometer kulkas secara teratur adalah cara terbaik untuk memastikan makanan aman.

Tapi, untuk berjaga-jaga jika lemari es atau freezer menjadi terlalu hangat atau dingin, ada beberapa cara untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

  •          Usahakan pintu kulkas hanya terbuka saat kita memerlukannya.
  •          Simpan makanan dalam kulkas secara menyebar agar udara dapat mengalir dengan baik melalui lemari es dan freezer. Kulkas yang terisi penuh kemungkinan besar menjadi lebih hangat.
  •          Bersihkan kulkas dengan tertaur. Sama seperti peralatan lainnya, lemari es membutuhkan sedikit perawatan dari waktu ke waktu.

 

 

Posted on 2019-03-30 by Admin Lifestyle, All Artikel 0 38

Leave a CommentLeave a Reply

Blog archives

Related articles

Prev
Next