4 Keluhan Kesehatan Balita saat Liburan

4 Keluhan Kesehatan Balita saat Liburan

Setiap Ibu pasti ingin si Kecil senantiasa sehat selama liburan, bukan? Namun, seringkali rencana tak sesuai kenyataan. Buah hati kesayangan saya pun sempat mengalami gangguan kesehatan pada anak di tengah liburan. Ternyata, hal ini mungkin saja terjadi karena banyak penyebab. Yuk, simak informasi selengkapnya, Bu!

1. Muntah dan Diare

Perlu Ibu mengerti bahwa sistem imun si Kecil belum terbentuk sempurna dan sekuat orang dewasa. Itu sebabnya, Ibu perlu lebih memperhatikan makanan yang ia konsumsi selama liburan. Jangan sampai si Kecil sakit perut seperti muntah-muntah dan diare hanya karena mengonsmi makanan yang kurang bersih. Mengingat saat liburan, umumnya Kecil akan lebih sering jajan atau makan makanan di luar rumah, Bu.

2. Sembelit

Tahukah, Ibu? Kurang minum air putih ternyata dapat menjadi penyebab utama si Kecil terkena sembelit, lho.  Itu sebabnya, saya selalu memastikan si Kecil minum banyak air putih selama liburan. Selain itu, sebisa mungkin saya juga menyuapinya banyak asupan Serat dari sayuran dan buah-buahan. Tentu Ibu tak ingin liburananak  terganggu hanya karena masalah sembelit, bukan?

3. Kelelahan

Apakah selama liburan si Kecil sering menangis atau terlihat lebih rewel dari biasanya? Mungkin saja si Kecil kelelahan, Bu. Saat liburan tentu si Kecil akan lebih aktif bergerak untuk mengunjungi satu lokasi wisata ke lokasi lainnya. Nah, agar si Kecil tidak terlalu kelelahan dan jatuh sakit, sebainya Ibu memastikan ia tetap mendapat waktu istirahat yang cukup setiap harinya, ya. Ia bisa tidur siang di perjalanan menuju tempat wisata selanjutnya. Selain itu, Ibu sebaiknya membatasi kunjungan ke dua tempat saja setiap harinya agar di malam hari si Kecil tidak sulit tidur karena kelelahan.

4. Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek juga menjadi salah satu jenis gangguan kesehatan yang sering si Kecil alami selama liburan, Bu. Menurut Dr Christelle Tan, spesialis dokter anak di Raffles, tubuh si Kecil umumnya masih sangat sensitif dengan perubahan cuaca. Itu sebabnya, ketika liburan ke tempat yang memiliki perbedaan cuaca drastis, si Kecil akan lebih mudah terkena gangguan kesehatan seperti batuk dan pilek.

Bagaimana, Bu? Sekarang Ibu jadi lebih tahu risiko gangguan kesehatan pada anak yang sering menimpa si Kecil saat liburan, bukan? Namun, Ibu tidak perlu khawatir. Risiko ini bisa dicegah dengan mengoptimalkan asupan nutrisi si Kecil dan memerhatikan makanan yang dikonsumsi si Kecil. Semoga informasi ini bisa membantu si Kecil senantiasa aktif bergerak selama liburan ya, Bu! 

 

Posted on 2019-03-08 by Admin Edukasi, All Artikel 0 97

Leave a CommentLeave a Reply

Blog archives

Related articles

Prev
Next