5 Perusahaan Tiongkok Yang Siap Kuasai Pasar Indonesia

5 Perusahaan Tiongkok Yang Siap Kuasai Pasar Indonesia

China dan Indonesia memiliki hubungan yang spesial dibandingkan dengan Negara lain . Produk made in china sangatlah mudah kita temukan di Indonesia , mulai dari cangkul petani hingga produk teknologi yang akan kita bahas pada artikel kali ini .

Harga yang terjangkau dan proses pemasaran yang cerdas menjadi kunci utama kesuksesan produk buatan China . Meskipun produk made in china kerap dianggap sebelah mata oleh masyarakat , namun beberapa perusahaan dibawah ini berhasil merubah pandangan masyarakat terhadap produk china .

Xiaomi

Xiaomi didirikan pada 6 April 2010 oleh Lei Jun , meskipun perusahaan yang bekantor di Distrik Haidian, Beijing ini baru berusia 7 tahun , namun beberapa produknya seperti Smartphone Action Camera sampai Drone sangat disukai oleh masyarakat di Indonesia .

Xiaomi dikenal dengan produknya yang selalu murah dibandingkan produk kompetitor , namun memiliki kualitas yang hampir setara bahkan lebih baik .

Alibaba

Alibaba didirikan pada 4 April 1999 , setelah mengalami jatuh bangung dalam beberapa tahun pertama , Alibaba menjadi situs ecommerce terbesar di China . Jack Ma selaku pendiri Alibaba terus berinovasi dan juga mengakusisi beberapa perusahaan kecil lainnya untuk menjadikan Alibaba lebih besar . Akhirnya Alibaba kini menjadi situs ecommerce international shipping yang dikenal di Indonesia mengalahkan Amazon dan Ebay .

Saat ini , Alibaba Group sudah memiliki puluhan anak perusahaan , mulai dari ecommerce hingga platform cloud hosting . Baca Juga : Rahasia Dibalik Kesuksesan Xiaomi

Jingdong (JD.com)

Pada tahun 2015 , satu pesaing situs belanja online kembali muncul di Indonesia dengan nama JD.ID . Didirikan pada tahun 1998 , Jingdong sukses mengembangkan produknya di China , bersaing dengan Alibaba . Setelah mendapat suntikan dana pada tahun  2014 oleh Tencent  , JD.com membuka layanannya di beberapa negara besar termasuk di Indonesia .

Huawei

Didirikan pada 1987 , perusahaan Huawei dikenal di Indonesia melalui HP Esia yang murah dan tahan banting . Lama menghilang dari pasar Indonesia , Huawei kembali masuk melalui modem internet dan kini mereka memproduksi smartphone High End dengan harga yang tinggi . Bersaing dengan Samsung , Huawei sudah masuk kepasar Amerika Serikat dan beberapa negara besar lainnya .

UCWeb

UCWeb merupakan perusahaan internet Alibaba Group . Di Indonesia UC Browser menjadi browser yang paling banyak digunakan oleh masyarakat peringkat ke 3 setelah Google Chrome dan Mozilla . UC Browser pernah tersandung masalah karena kasus kebocoran informasi pribadi pengguna . Selain UC Browser , UC News yang merupakan aplikasi news aggregator juga banyak digunakan oleh masyarakat .

Vivo

Vivo Smartphone merupakan perusahaan asal China yang didirikan pada tahun 2009 . Hadir dengan konsep elegan , Vivo sempat menduduki peringkat ke 4 smartphone paling laris di Indonesia .

OPPO

Banyak yang beranggapan smartphone ini berasal dari Korea , hal tersebut dikarenakan pada iklannya , Oppo kerap menggunakan astis asal Korea . Ternyata OPPO merupakan perusahaan asal Dongguan yang didirikan pada tahun 2009 . Popularitas OPPO di Indonesia menyaingi Huawei dan Samsung , bahkan perusahaan ini sudah memiliki pabrik di Indonesia dan mendatangkan beberapa persen tenaga kerja langsung dari Tiongkok .

Itulah tadi beberapa perusahaan konglomerat asal china yang siap bahkan sudah menguasai pasar di Indonesia . Semoga Indonesia menjadi terpacu untuk juga mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berinovasi dan memproduksi produk-produk yang berkualitas dan terjangkau .

Posted on 2017-10-06 by Admin Tech News 0 132

Leave a CommentLeave a Reply

Blog categories

Blog archives

Related articles

Prev
Next