Apa Itu VPS Hosting ?

Apa Itu VPS Hosting ?

Apa itu VPS hosting? Untuk kalian yang ingin belajar lebih lanjut mengenai Virtual Private Server (VPS) atau kalian yang sekarang punya website dengan menggunakan shared hosting dan berencana untuk pindah ke VPS Hosting, maka kalian sedang berada pada artikel yang tepat.

Karena pada artikel ini, akan dibahas mengenai :

  • Cara Kerja VPS Hosting
  • Perbedaan Antara VPS dan Shared Hosting
  • Kapan saya memerlukan VPS Hosting?
  • Cara mengetahui spesifikasi VPS yang pas untuk website “sekian” pengunjung?

HYUNIXS25.com akan mencoba menjelaskan dengan sangat sederhana agar lebih mudah dimengerti.

Apa Itu VPS Hosting ?

Virtual Private Server (VPS) merupakan sebuah server yang berada pada sebuah server Induk, atau bisa juga diartikan sebagai sebuah Server Induk yang di partisi secara virtual .

VPS itu Ibarat sebuah harddisk berkapasitas 100 GB lalu dipartisi menjadi 4 bagian, masing-masing mendapatkan25 GB. Setiap partisi digunakan oleh satu user saja.

Cara Kerja VPS Hosting

Dalam VPS Hosting, setiap website yang dihosting didalamnya akan memiliki performa yang baik. Hal ini dikarenakan setiap partisi dari server Induk memiliki konfigurasi nya masing-masing sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Sehingga VPS bekerja secara maksimal tanpa campur tangan dari luar, inilah yang disebut Isolated Environment.

Untuk lebih mudah dimengerti, berikut ini ada gambar yang mendeskripsikan perbedaan antara shared hosting dengan VPS Hosting :

Pada dasarnya jika kalian menghosting Website pada VPS, kalian menggunakan 1 buah server bersama dengan pelanggan / website lain. Namun setiap pelanggan akan mendapatkan sebuah virtual machine nya masing-masing dengan resource (processor, storage, memory dan bandwidth) yang didedikasikan hanya untuk 1 pelanggan.

Pelanggan atau website lain yang berada pada partisi atau virtual machine lain tidak akan mempengaruhi performa website kalian.

Berbeda dengan shared hosting yang 1 server induk dikeroyok rame-rame, inilah yang menyebabkan ketidak stabilan pada shared hosting, karena disaat sebuah website milik orang lain sedang menggunakan resource yang besar, maka website kalian akan terkena dampaknya.

Virtual Private Server hampir mirip dengan dedicated server , dimana kalian benar-benar membayar resource yang kalian gunakan tanpa gangguan dari pelanggan lain .

Perbedaan Antara VPS dan Shared Hosting

Agar lebih mudah lagi dimengerti , kita analogikan server ini dengan sebuah rumah .

Shared Hosting : adalah sebuah rumah dengan 1 kamar , 1 ruang makan dan 1 kamar mandi yang ditinggali oleh 10 orang . Setiap orang yang tinggal dirumah ini , setiap pagi harus antri ke kamar mandi , tidur berhimpitan dan berebut makanan .

VPS Hosting : adalah sebuah rumah yang dijadikan kost-kostan , setiap kostan memiliki sebuah kasur , ruang makan dan 1 kamar mandi . 1 kostan hanya boleh ditinggali oleh 1 orang saja , sehingga orang tersebut bisa makan , tidur dan mandi kapan saja tanpa harus memakan waktu untuk mengantri .

Kapan Saya Memerlukan VPS Hosting ?

Memang pertanyaan ini kerap menjadi dilema saat memiliki sebuah website . Beberapa diantara kalian merasa kebingungan saat harus memilih antara Shared dan VPS Hosting .

Shared hosting memang memiliki harga yang sangat murah , namun dengan layanan dan performa yang sangat minim . Sedangkan VPS memiliki harga yang cenderung lebih mahal , namun performa nya sudah tidak usah diragukan lagi .

Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan tanda atau ciri-ciri website harus pindah ke VPS .

1 . Pengunjung Website Meningkat

Jika pengunjung website kalian mencapai 2.000 hingga 3.000 setiap harinya dengan pageview yang mencapai 6.000 per hari , maka VPS adalah pilihan yang tepat untuk kamu .

Meskipun dengan jumlah traffic tersebut , shared hosting sebenarnya masih bisa menghandle nya , namun kita tidak pernah tahu apakah 3.000 pengunjung tersebut merasa nyaman dengan kecepatan yang website kita tawarkan ? Apakah ada pageview potensial yang terbuang karena shared hosting mendadak tidak stabil ?

Dengan menggunakan VPS , maka potensi meningkatnya angka kunjungan sangat besar , hal ini disebabkan website kita menjadi lebih cepat dan google search engine menyukai website dengan waktu load yang singkat untuk ditaruh pada halaman pertama hasil pencarian google .

2  . Backend Terasa Berat

Biasanya jika website kita menggunakan CMS , maka saat pengunjung website sedang tinggi-tingginya , backend website akan terasa sangat berat . Memposting artikel dan mengupload gambar akan memakan waktu lebih lama .

Jika hal diatas juga kalian rasakan , maka segeralah pindah ke VPS Hosting , dengan backend yang cepat maka produktivitas kalian akan meningkat .

Lebih cepat sebuah artikel diterbitkan , maka semakin cepat juga pengunjung datang .

3 . Keamanan dan Akses Root

Jika kalian adalah web developer yang mengurus beberapa website milik client , maka lebih baik simpan website client pada VPS server .

Dengan menggunakan VPS server , keamanan dan stabilitas akan sangat tinggi , hal ini akan meminimalisir komplain dari client yang mengeluh karena websitenya lama .

VPS server juga memberikan akses root secara penuh bagi penggunanya , ini memungkinkan kalian untuk melakukan konfigurasi sesuai dengan apa yang client inginkan .

Spesifikasi VPS yang pas untuk website saya ?

Jika kalian ragu dengan spesifikasi VPS yang pas untuk website kalian , cobalah membeli VPS dengan paket terendah selama 1 bulan dan rasakan performanya . Jika berat maka scale / upgrade , jika sudah terasa lebih ringan dan nyaman maka itulah spesifikasi VPS server yang cocok untuk website kalian saat ini .

Apakah ada VPS free trial ?

Ada, namun kalian biasanya membutuhkan kartu kredit sebelum bisa menggunakan VPS trial tersebut. Tapi jangan khawatir , untuk kalian yang ingin belajar dan mencoba merasakan VPS Hosting untuk website kalian.

Posted on 2017-08-12 by Admin Tech News, All Artikel 0 399

Leave a CommentLeave a Reply

Blog archives

Related articles

Prev
Next

No products

To be determined Shipping
Rp‎ 0 Total

Check out