FlashDisk Tidak Bisa Diformat ? Ini Cara Memperbaikinya

FlashDisk Tidak Bisa Diformat ? Ini Cara Memperbaikinya

FlashDisk tidak bisa diformat ? hal ini terjadi ketika flashdisk minta format tapi begitu kalian coba justru tidak bisa , ada beberapa penyebab kenapa hal ini bisa terjadi bahkan bisa menyerang microsd dan harddisk sekali pun .

Ada beberapa permasalahan yang biasanya terjadi pada flashdisk diantaranya : flashdisk tidak bisa diformat lalu muncul peringatan windows was unable to complete the format , flashdisk tidak bisa diformat karena write protected , hingga flashdisk tidak bisa diformat karena virus.

Sebenarnya ada dua kemungkinan yang bisa menyebabkan masalah permasalahan tadi yaitu :

1 . FlashDisk mengalami kerusakan hardware (karena korslet , masuk air , jatuh dan usia pemakaian)

2 . Kerusakan yang terdapat pada software (file system yang corrupt , terkena virus dan perubahan partisi yang tidak semestinya)

Lalu bagaimana saya bisa memastikan jika FlashDisk saya rusak pada hardware atau software nya ?

Cara paling mudah untuk memastikannya , pertama cobalah cara memperbaiki FlashDisk tidak bisa diformat dibawah ini , jika tidak berhasil maka artinya flashdisk kalian rusak pada komponen hardwarenya . Tentu jika FlashDisk milik kalian mengalami kerusakan hardware lebih baik kalian menggantinya dengan yang baru .

Cara pertama pada tutorial kali ini , kita akan memperbaiki flashdisk dengan melakukan re-create atau membuat kembali partisi pada flashdisk :

Format FlashDisk Melalui Disk Manager

Disk Manager adalah utility bawaan dari Microsoft Windows , jadi kalian tidak perlu mendownload software tambahan terlebih dulu , langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Buka Start > Run (tekan tombol Windows & tombol R secara bersamaan pada keyboard)
  2. Ketik dskmgmt.msc > lalu tekan tombol Enter (Akan terlihat semua disk yang tersedia pada sebuah komputer)
  3. Klik kanan pada Removable Disk (partisi flashdisk yang bermasalah) > lalu klik delete partition
  4. Jika berhasil lanjutkan langkah selanjutnya (no 5) , jika pilihan delete partition tidak bisa di klik ikuti langkah FormatFlashdisk Melalui Diskpart
  5. Klik kanan pada flashdisk yang baru saja kalian hapus partisinya > lalu klik create partition (pilih primary partition)
  6. Pada isian select size , file format , disk letter dll biarkan saja default tidak usah dirubah
  7. Tekan OK

Jika berhasil , maka pada My Computer kalian akan bisa membuka flashdisk kalian dengan normal tanpa harus meminta format terlebih dulu .

Biasanya langkah diatas berfungsi jika menggunakan sistem operasi Windows 7 atau sebelumnya , pada beberapa kondisi ketika menggunakan windows 8 dan 10 pilihan delete partition tidak bisa kita klik seperti gambar dibawah ini :

Jika pada komputer kalian pilihan Delete Volume… tidak bisa di klik , maka kalian bisa menghapus partisi flashdisk dengan menggunakan diskpart seperti yang akan ditunjukan pada tutorial dibawah ini :

Format FlashDisk Melalui Diskpart

Memperbaiki flashdisk tidak bisa diformat dengan melalui diskpart biasanya sangat ampuh jika kalian tidak bisa menggunakan cara format flashdisk melalui diskmanager .

    1. Buka run > ketik diskpart > enter
    2. Jika muncul User Account Control tekan Yes
    3. Setelah command prompt diskpart terbuka ketik list disk
    4. Pada gambar diatas ada 2 disk , Disk 0 merupakan harddisk dan Disk 1 merupakan flashdisk dengan ukuran 3824 MB / 3,8 GB
    5. Lalu ketikan select disk 1 (disk 1 bisa berubah sesuai dengan kasus pada komputer kalian)
    6. Akan muncul tulisan Disk 1 is now the selected disk
    7. Lalu ketik list partition , hingga muncul gambar seperti dibawah ini :
    8. Ketik select partition 1 > tekan ENTER
    9. Ketik delete partition > tekan ENTER
    10. Ketik create partition > tekan ENTER , lalu akan muncul seperti gambar dibawah ini :
    11. lalu ketik create partition primary , tunggu hingga muncul tulisan DiskPart succeeded in creating the specified partition.
    12. Lalu ketik exit atau tekan tombol close untuk keluar dari program DiskPart.
    13. Lalu buka MyComputer > buka flashdisk kalian

  1. Akan muncul jika flashdisk harus di Format , tekan saja Format Disk > Start > OK

Jika flashdisk kalian tidak bermasalah pada hardware maka seharusnya langkah-langkah diatas sudah berhasil memperbaiki flashdisk kalian yang tidak bisa diformat . Karena dengan menghapus partisi pada sebuah disk , maka tidak hanya file dan virus saja yang dihapus tapi file system dan partisi yang acak-acakan juga akan hilang dan dengan me re-create atau membuat partisi kembali akan membuat sebuah disk berjalan seperti baru .

Posted on 2017-08-12 by Admin Tech News, All Artikel 0 533

Leave a CommentLeave a Reply

Blog archives

Related articles

Prev
Next

No products

To be determined Shipping
Rp‎ 0 Total

Check out