4 Manfaat Tidur Siang untuk Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun

4 Manfaat Tidur Siang untuk Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun

Siapa bilang anak usia 1-3 tahun sudah tidak butuh tidur siang lagi? Dari artikel medis yang saya baca, saya mengetahui banyak manfaat tidur siang untuk anak. Bagi Ibu yang belum tahu, ini dia beberapa manfaat tidur siang untuk si Kecil.

1. Tidur Malam Lebih Nyenyak

Banyak Ibu yang beranggapan bahwa tidur siang bisa membuat si Kecil sulit tidur malam. Namun, hasil penelitian membuktikan sebaliknya, Bu. Menurut artikel medis yang diterbitkan St. Louis Childern’s Hospital, melewatkan waktu tidur siang justru membuat anak mudah stres, rewel, marah, dan bingung. Bahkan, si Kecil berisiko kesulitan tidur malam. Apabila waktu tidur malam si Kecil tidak tercukupi, daya tahan tubuhnya dikhawatirkan menurun, sehingga mudah terserang penyakit. 

2. Meningkatkan kecerdasan

Menurut artikel dari National Institutes of Health Study, mengajak si Kecil tidur siang bisa meningkatkan kemampuan menyerap pelajaran dan mengingat saat ia mulai sekolah kelak, Bu. Ketika si Kecil tidur siang, ia akan bangun dalam kondisi segar. Kondisi inilah yang membuat si Kecil lebih mudah berkonsentrasi untuk mempelajari sesuatu. Tidak heran anak yang rutin tidur siang lebih pintar secara akademis dibanding anak yang kurang tidur siang. Selain itu, ia juga jadi punya energi lebih untuk beraktivitas, sehingga bisa lebih aktif mengeksplorasi diri dan lingkungan sekitarnya, Bu.

3. Mengoptimalkan Tinggi dan Berat Badan

Ibu pastinya ingin si Kecil punya tinggi dan berat badan ideal sesuai usianya bukan?  Ternyata Bu, pertumbuhan anak tidak hanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Si Kecil juga perlu waktu tidur yang cukup selama masa pertumbuhan. Mengapa begitu? Proses pertumbuhan terjadi ketika si Kecil terlelap, Bu. 

4. Mengurangi Stres

Si Kecil ternyata juga membutuhkan waktu untuk melepas stres lho, Bu. Hal ini penting bagi kesehatan anak. Nah, salah satu caranya yaitu tidur siang.  Ketika si Kecil tidur siang, ia menjadi lebih tenang. Si Kecil akan melupakan aktivitasnya yang padat dan kemarahan yang sedang meluap. Tentunya, ini membuat mood si Kecil lebih tenang setelah bangun.

Ternyata tidak sulit ya, Bu, untuk membuat si Kecil pintar, tinggi, dan kuat. Selain mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, tidur siang bisa menjadi salah satu caranya. Apalagi, si Kecil hanya memerlukan waktu tidur siang 1-2 jam agar mendapatkan berbagai manfaat tidur siang untuk anak di atas. Ayo biasakan si Kecil untuk tidur siang, Bu!

Posted on 2018-09-03 by Admin Ibu & Anak, All Artikel 0 26

Leave a CommentLeave a Reply

Blog archives

Related articles

Prev
Next

No products

To be determined Shipping
Rp‎ 0 Total

Check out